Skip to main content

Pengalaman Registrasi Online UT

Disini saya hanya ingin berbagi pengalaman dengan teman-teman tentang tata cara melakukan registrasi online PERTAMA bagi calon mahasiswa Universitas Terbuka. Seperti yang teman-teman ketahui kalau UT merupakan Universitas Negeri satu-satunya yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh. Maka dari itu, Unit Pelaksana Belajar Jarak Jauh atau disingkat UPBJJ tersebar hampir di semua provinsi. Selain bisa mendaftar dengan mendatangi langsung UPBJJ di masing-masing kota, teman-teman juga bisa memanfaatkan SISTEM REGISTRASI ONLINE yang dikembangkan oleh UT. Kalau mendengar kata online, pasti teman-teman sudah paham. Ya.. mendaftar dengan memanfaatkan gadget dan tentu saja internet. Sistem ini dibuat untuk memudahkan teman-teman yang ingin melanjutkan sekolah dan tidak punya waktu untuk datang langsung ke UPBJJ (macam pekerja gitu deh, termasuk saya).
Langkah – langkah yang harus teman-teman lakukan antara lain:
Persiapkan scan ijasah, foto, KTP dalam format jpg atau jpeg. Jangan menggunakan format PDF, karena ga bisa di upload nanti nya.
Buka web http://sro.ut.ac.id/ kemudian pilih program yang ingin dimasuki: PENDAS/NON PENDAS/PASCASARJANA/PENDIDIKAN BERKELANJUTAN, nanti teman-teman akan masuk dihalaman ini:
 Kemudian pilih "klik di sini" pada PENDAFTARAN. Ini diperuntukkan untuk calon mahasiswa baru. Lalu tampilan berikutnya akan seperti ini:

 
Silahkan teman-teman lengkapi formulir pendaftaran diatas. Oia, untuk alamat email sebaiknya menggunakan Gmail saja. Kelebihannya, Gmail bisa dipergunakan sekaligus untuk Tutorial Online nanti. (Klo yahoo tidak bisa digunakan pada saat tuton).
Nah.. nanti teman-teman akan dapat balasan email seperti contoh dibawah ini:
 
 Sudah dapat nomor account dan password kan?? setelah itu teman teman balik lagi ke halaman awal, dan pilih "klik di sini" dibagian ADMISI
 
 Dibagian ini, silahkan teman-teman masukkan nomor account dan password yang tadi sudah di email. Kemudian di Login deh. Admisi ini merupakan pendaftaran lanjutan untuk mengisi data pribadi teman-teman. Kira-kira tampilan seperti di bawah ini:
 
 
Nah, pada saat mengisi data pribadi inilah scan ijasah, foto, dll tadi di upload di bagian ini. Ingat!!! harus dalam bentuk jpeg/jpg ya.
Setelah selesai dan bila pengisian teman-teman sudah benar, teman-teman akan dapat email verifikasi, seperti ini:
 

Nah, sampai disini pihak UT akan melakukan validasi terlebih dahulu terhadap berkas-berkas yang tadi sudah di upload. Berkas pendaftaran yang asli, bisa dikirim via Pos.
 
Teman-teman tinggal menunggu email VALIDASI dari pihak UT. Klo sudah sampai disini waktunya memang cukup lama. Klo sampai dekat-dekat hari terakhir teman-teman belum juga mendapat email validasi, silahkan langsung menghubungi pihak UPBJJ UT terdekat atau bisa minta langsung disambungkan ke bagian IT nya. Bilang aja kalo teman-teman sudah melakukan registrasi online dan minta kiriman email VALIDASI.
 
Email VALIDASI isinya adalah NIM (Nomor Induk Mahasiswa) beserta password nya untuk registrasi mata kuliah nanti:
 
 
kalo sudah dapat email validasi, silahkan teman-teman masuk lagi ke http://sro.ut.ac.id/ pilih PROGRAM, kemudian "klik di sini" dibagian REGISTRASI MATA KULIAH. Contohnya seperti ini untuk Login:

 


Disebelah kiri nanti ada REGISTRASI MATA KULIAH, di klik aja trus ikutin petunjuknya. Usahakan teman-teman sudah mendowload katalog UT terbaru untuk mempermudah memilih mata kuliah yang akan diambil.
INGAT! jangan sampai ada mata kuliah yang bentrok ya.
 

 
 Bila sudah selesai, biaya akan ditotal. Teman-teman akan dapat LIP (Lembar informasi pembayaran) Nah, teman-teman tinggal bayar di Teller atau ATM langsung. (saran saya sih pakai BRI saja, kalo mandiri sedang bermasalah kayaknya, tidak ada no kodenya)
 
 
       Kira-kira demikian pengalaman saya melakukan registrasi online. Oia untuk registrasi semester 2, saya juga sudah lakukan, via online juga. Hanya saja langsung masuk di menu REGISTRASI MATA KULIAH saja.
 
Oia, ketinggalan, pada saat mendaftar nanti, teman-teman juga akan dapat lampiran seperti ini. Ini harus dilampirkan pada saat teman-teman mengirim berkas ijasah asli via Pos:
 
 
Selamat mencoba teman-teman. Semoga bermanfaat!
Selamat bergabung di Universitas Terbuka.

Comments

  1. Siang ..
    Maaf, kira-kira berapa lama ya untuk bisa mendapat email validasi? apakah bisa lebih dari 2 hari?
    Thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama KUSUMA asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
  2. Memang agak lama mbak.. Bisa lebih dari 2 hari. Untuk memastikan, mbak bisa langsung menghubungi UPBJJ-nya langsung untuk meminta email validasinya asalkan berkas asli nya sudah dikirim via pos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. O iya mbak, maaf ya tanya lagi... Itu maksudnya "Klo sampai dekat-dekat hari terakhir teman-teman belum juga mendapat email validasi...." , hari terakhir apa ya? Hari terakhir regristrasi? Hehe Maaf ya merepotkan

      Delete
    2. iya mbak. hari terakhir batas registrasi pendaftaran..

      Delete
    3. makasi banyak mbak, o iya kalau untuk pembayaran bisa via ATM ya? tapi itu validasi bank di lembar LIP diisi apa kalau bayar via ATM? maaf y mbak jadi banyak tanya

      Delete
    4. Waduh saya juga lama nih mendapat VALIDASI dari Pihak UT, padahal besok terakhir masa pendaftaran.

      Solusi terakhir kayanya harus dateng lagi ke UPBJJ-Jakarta, soalnya kalo ditelp gak pernah diangkat.

      Delete
  3. permisi, mbak mau nanya, nomer induk mahasiswa di surat pernyataan data pribadi sama formulir isian pas foto, sidik jari, dan tanda tangan waktu registrasi pertama di isi pa ngga ya?

    ReplyDelete
  4. Siang kk...
    Mau tanya kitakan harus mengisi formulir isian pas foto,sidik jari dan tanda tangan
    Pas di kolom tanda tangan dan paraf itu kok ada beberapa kolomnya y kk?
    Klu utk tanda tangan ada tanda tngan 1,2 n 3 klu yang paraf it ada paraf 1 dan 2...
    Jdi it isi paraf n tanda tngn kita smua atau gimana kk?
    Mksi..

    ReplyDelete
  5. Malam mbak, maaf mengganggu, saya mo tanya tentang pendaftaran tuton, Kemarin udah pernah daftar, namun belum berhasil. terus udah dicoba beberapa kali sampe alamat email pun udah ganti2. Belakangan dicoba katanya udah terdaftar, tapi gak tau email mana yang di pake. Tolong mbak solusinya biar bisa ikut tuton. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tuton nanti buka http://elearning.ut.ac.id
      Nanti untuk loginnya username nya diisi menggunakan NIM. Sedangkan untuk password biasanya untuk awal2 pakai password standar yaitu 12345678

      Mudah2an membantu ya.

      Delete
  6. Pagi kak, maaf nanya, kalau sdh isi di websitenya harus tetap ngirim dokumen aslinya jg? Dikirim ke mana ya kak? Terus itu isinya apa saja berupa fotokopian ijazah dll atau? Maaf banyak nanya ya kak, ngga ngerti soalnya >.<
    Terimakasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. Mba aku udh udh terlanjur bayar lip pendaftaran 100 rb, cm blm ngirim berkas ke upbjj ut . Jadi gmna apakah bisa?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buka Usaha Warkop? Siapa Takut!!!

Pada dasarnya membuka usaha warung kopi kuningan terlihat cukup mudah dilakukan dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Namun faktanya, perlu pengetahuan dan juga keahlian ekstra untuk menjalankan usaha ini. Sebelum saya bahas lebih lanjut terlebih dahulu saya jelaskan sepintas tentang bagaimana dan apa motivasinya membuka usaha warkop kuningan ini. Usaha warung kopi atau warkop terbilang cukup meyakinkan karena kita tidak membutuhkan modal yang besar untuk membuka usaha ini. Hal ini di dukung pula oleh budaya masyarakat yang gemar nongkrong bersama sambil ditemani secangkir kopi. Prinsipnya yang penting usaha tersebut bisa jalan dulu, apabila sudah berjalan sebagian dari keuntungan bisa kita gunakan untuk tambahan modal lagi untuk pengembangan usaha ke depan.  Beberapa waktu yang lalu saya dan suami pernah membuka usaha warkop, ya.. meskipun sekarang terdampak dengan adanya Covid-19. Tapi tidak ada salahnya saya mencoba untuk berbagi pengalaman dengan kawan-kawan semua terkait berap